Posted by : Shirayuki-chan Senin, 01 April 2019

Katanya mau tayang sampai satu tahun, tapi kok malah ditunda? yowes orapopo :"


Konnichiwa followers tercintah :3 untuk kali ini jangan tanyain dulu kapan beresnya proyek TL Shira-chan ya, Shira-chan lagi dilema nih hikseu :"

Kenapa? yah, karena SAO Alicization TAMAT di episode 24, tepat disaat fluctlight Kirito dirusak :" Shira-chan auto nangid :"

Yang bikin dilemanya, cour ke 3-4 "War of Underworld" yang merupakan puncak dari project alicization ini ditunda penayangannya sampai musim Fall 2019 alias Oktober 2019 nanti, persis seperti pas SAO Alicization tayang pertama kalinya di Oktober 2018 kemaren :"

Menurut kalian terutama fansnya SAO, kira-kira apa sih penyebab cour ke-3 dan ke-4 ini ditunda yang padahal dulu bilangnya bakal tayang selama setahun? Mungkin inilah beberapa alasannya (menurut pendapat pribadi Shira-chan dan beberapa fakta yang ada):

1. Mengejar penjualan versi BD/DVD



Well, seperti yang kalian ketahui kalau dalam dunia bisnis anime, pihak produksi yang menaungi studio penggarap suatu judul anime akan membuat versi BD/DVD yang biasanya dalam bentuk keping dvd berisi 2-3 episode versi original (cek disini bedanya versi BD dan TV). Nah sejauh ini, SAO Alicization baru merilis 4 volume BD/DVD. Mulai dari volume 1 yang rilis di bulan Desember, volume 2 bulan Februari, volume 3 bulan Maret, dan volume 4 bulan April. 

Dari total 24 episode yang sudah mengudara, mereka baru merilis versi BD sampai episode 12 di volume 4, sedangkan satu volume BD/DVD nya berisi 3 episode, plus bonus character song dari beberapa seiyuu yang bermain didalamnya. Terbayang kan kalau mereka harus mengejar deadline episode setiap seminggu sekali plus menyusun versi BD/DVD nya. Jadi kalau dihitung lagi, jika versi BD/DVD nya rilis setiap sebulan sekali, maka 24 episode akan rilis semua sampai bulan September/Oktober 2019 nanti.

2. Menjaga agar kualitas animasinya tetap bagus

Ocean Turtle
Centoria secara keseluruhan
Nenek admin dan Sword Golem

Akademi Pedang Centoria

"Animator juga manusia", well, mungkin beberapa dari kalian pernah dengar kabar tentang beberapa animator dari studio A1-Pictures yang bunuh diri karena gak dibayar (ini juga gak tahu bener gak tahu enggak, Shira-chan denger dari temen). Untuk mencegah insiden itu terjadi lagi, mungkin pihak studio tersebut gak mau mengambil terlalu banyak proyek anime dalam waktu yang lama. 

Apa kalian perhatikan, kalau animasi dan grafik pada SAO Alicization benar-benar terlihat sangat bagus dan gak mengecewakan bila dibandingkan dengan SAO seri sebelumnya? Kalau menurut Shira-chan pribadi, A1-Pictures benar-benar mengembangkan sisi animasi dan grafik di proyek SAO Alicization ini dengan sangat epik dan sempurna. 

Nah mungkin ya...demi menjaga kualitas grafik dan animasinya agar tetap bagus dan sempurna (walaupun dengan dibantu oleh beberapa studio lain), mereka memutuskan untuk rehat sejenak, dan akan memberikan kejutan animasi yang lebih luar biasa lagi di cour penting arc Alicization ini, "War of Underworld". Percuma kan kalau ngegas tapi grafik jadi ancur karena capek terus-terusan dikejar deadline?

3. Membuat fansnya makin sabar menanti


Kok alasan yang ini bikin kesel ya wkwk :v tapi memang bener sih. Dulu sebelum pengumuman resmi kapan SAO Alicization tayang, shira-chan (dan mungkin beberapa fans SAO yang pernah mengalami) kena PHP terus. Pernah ada rumor bakal tayang tahun 2016, 2017, awal 2018, hingga pada akhirnya resmi tayang di bulan oktober 2018 ketika pengumuman resminya ditayangkan pada 6 bulan sebelumnya, di maret 2018.

Gimana gak sabar banget coba, udah berulang kali kena PHP, eh kudu nunggu setengah tahun, lama bingits :"
Sama halnya dengan penundaan cour "War of Underworld" ini, pengumuman penundaannya juga mendadak banget, yaitu setelah episode 24 tayang. dan yah, jarak waktu yang sama, kudu nunggu 6 bulan sampai oktober 2019 :" untung shira-chan mah orangnya sabar bingit :"

4. Reki Kawahara: "selama novel belum tamat, animenya akan terus lanjut"


Well, Shira-chan pernah membaca cuitan Kawahara-sensei di twitternya @kunori yang berkata begitu, "selama novel belum tamat, animenya akan terus lanjut" (tapi jujur Shira-chan lupa itu tweet Kawahara-sensei yang pas kapan). Bila kalian sudah membaca semua LN Project Alicization dari awal sampai selesai, mungkin kalian menyadarinya. 24 episode alias 2 cour mengadaptasi 6 novel, dari Beginning sampai Uniting. Sisanya tinggal Invading, Exploding, Awakening, dan Lasting. Daaan.... jika memang 2 cour itu totalnya 24 episode dengan adaptasi 6 novel.... akankah ada kemungkinan kalau arc Moon Cradle dari Volume 19-20 juga akan diadaptasi ke anime? Jika iya, berarti pas 12 novel = 4 cour.

 

Sebenarnya Moon Cradle ini masih termasuk arc Alicization sih (walaupun Alice gak nongol lagi), berupa SPIN OFF ketika Kirito dan Asuna harus bertahan di Underworld dan memerintah disana selama 200 tahun karena menghindari resiko kena Fase Percepatan Kritis, dimana kedamaian disana sudah tercapai tetapi masih ada pihak yang tidak ingin menerimanya begitu saja. Ini nih yang bikin Shira-chan penasaran. kalau bener bakal diadaptasi juga, bisa aja sih A1-Pictures mau ngejutin kita semua setelah sabar menunggu untuk kedua kalinya :"D

Saat ini, Kawahara-sensei juga lagi ngerjain proyek Unital Ring, yang kabarnya akan menjadi arc terakhir SAO sebelum melaju ke era Accel World, terbukti dengan adanya ilustrasi yang 'katanya' ibunya Kuroyukihime (Shira-chan belum beres nge-TLnya, baru liat ringkasannya aja di saowikia) di volume 21 Unital Ring 1. Apakah akan ada kemungkinan juga kalau Unital Ring diangkat jadi anime? kalau yang ini mah sabaaaarrr dulu ya... novelnya aja baru 1 buku xD

5. Daripada mati penasaran, mending baca novelnya dulu deh sebelum "War of Underworld" lanjut!


Kalau alasan yang ini kesannya maksa ya wkwk :v tapi bener lo, daripada nunggu kelamaan dan penasaran setengah mati dengan ending di episode 24 yang gantung abis, buat kalian yang gak baca LNnya, mending baca aja deh sambil nungguin. Biar kalian gak ninggalin budaya membaca sebelum bertanya, hehe :3 dan bisa juga ngespoilerin mereka yang males baca novelnya :v hidup tukang spoiler :v *plakk

Dan buat kalian yang udah pernah baca sampai selesai, re-read lagi yuk biar gak lupa :D kalau Shira-chan sih mau login ke Aincrad sama survive Unital Ring aja deh alias lanjut TL proyek SAO Progressive sama Unital Ring. (ini juga Shira-chan sambil lanjutin nge-skripsi, hebat kan, bisa ngerjain skripsi di Aincrad, wkwkwk) Kaya dulu sambil nungguin SAO Alicization rilis, shira-chan nge-TL LNnya dulu dari volume 18-20 :D

Nah itulah, beberapa alasan yang mungkin jadi penyebab ditundanya "War of Underworld" menurut pendapat pribadi Shira-chan dan beberapa fakta yang ada. Gak usah serius-serius amat bacanya, ini mah hanya sekedar sharing-sharing saja. he..he..he...Semoga berfaedah :D

{ 9 komentar... read them below or Comment }

  1. Balasan
    1. atuhhh dibilangin jangan tanya dulu :" intinya mah sabar aja :"

      Hapus
  2. Mau marah salah, mau sabar gk tahan, jadi harus gimana y ? wkwk, nunggu 6 bulan butuh kesabaran y

    BalasHapus
  3. Nasib kirito gimana apakah dia baik"saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk berdaya hilang semangat pakai kursi roda

      Hapus
  4. Kirito SM Asuna kabarnya akan bagaimana ? Lanjut atau usai kah ?

    BalasHapus
  5. kalo bisa mimin ringkasin LNnya biar orang males kaya saya bisa menikmati cerita lnnya tanpa membaca banyaknya halaman lnnya :V

    BalasHapus

Hajimemashite!

SHIRAYUKI-CHAN
Zen and Kirito is my lovely boy. 

Traktirnya dong~

Traktirnya dong~
Mau bantu donasi dengan traktir kopi? Boleh banget!

PROGRESS SAO VOL 23

PROGRESS SAO VOL 23

PROGRESS SAO VOL 24

PROGRESS SAO VOL 24

Visitor

WARNING!

FAQ:
1. Mengalami masalah saat ekstrak file .rar dari blog ini?
"make sure to input the password"

2. Pengguna android disarankan gunakan aplikasi yang bisa membaca rar/input password rar (rekomendasi: gunakan aplikasi Zarchiver yang bisa didownload di app store)

password: lianoatarashiisekai

Temukan Kami di Facebook

- Copyright © 2013 Shirayuki-chan's Blog -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -